Jangan Menggunakan HP Saat Berkendara, BAHAYA!

Sumber: http://www.medanbisnisdaily.com/news/read/2014/09/27/120068/imbauan-tertib-lalu-lintas/
 
Pernahkah kita melihat seseorang berkendara sambil menggunakan HP? Hal itu sangatlah berbahaya, karena dapat menyebabkan kehilangan konsentrasi saat berkendara. Karena pastinya konsentrasi kita pastinya akan terpecah antara berkendara dengan berkomunikasi. Menurut data dari Polda Metro Jaya, angka kecelakaan yang disebabkan pengendara menggunakan ponsel itu naik 1.200 persen dari tahun 2009 ke 2010. Dapat kita bayangkan betapa bahayanya berkendara sambil menggunakan HP kita.
Saya sendiri pagi ini melakukan hal serupa, mengendara sepeda motor sambil mengoperasikan HP, tepatnya mengecek hp barangkali ada sms penting masuk, karena saat itu saya akan berangkat menuju acara yang penting. Kira-kira 2 detik saat saya mengamati layar HP, tak disangka tiba-tiba saya dikagetkan dengan teriakan 2 orang perempuan yang mengendarai sepeda motor mengerem dan hampir saja saya tabrak. "WOI MAS!! AWAS!" Untung saja saya segera menghindarinya sehingga tabrakan pun dapat dihindari. Rasa bersalahpun muncul setelah itu, karena saya telah sembrono saat saya harus konsentrasi berkendara. Dan saya pun mengingat-ingat kejadian ini agar saya tidak mengulanginya lagi.

Maka dari itu saran saya janganlah menyepelekan keselamatan teman-teman saat berkendara. Sepenting apapun SMS atau telfon yang masuk, segenting apapun, atau walaupun tergesa-gesa bagaimanapun juga bukanlah alasan utama untuk mengabaikan keselamatan teman-teman. Berusahalah meprioritaskan salah satunya misalkan, kita memilih berhenti dahulu di pinggir jalan dan memberitahukan kepada seseorang yang mengirim SMS atau telfon kepada kita bahwa kita sedang dalam perjalanan.

Atau kita pilih untuk sementara mengabaikan SMS atau telfon yang masuk dan tetap berkonsentrasi sepenuhnya untuk berkendara. Kepolisian lalu lintas saat ini telah melarang semua pengendara untuk menggunakan HP, namun ini jangan digunakan sebagai alasan utama kita tidak menggunakan HP saat berkendara. Keselamatan adalah yang paling utama.
Advertisement

No comments