6 Mar 2013

Musik, Aliran Musik, Selera Musik. Apa Hubungannya?

Musik. Siapa yang tidak tahu musik? Pasti semua orang tau tentangnya. Hampir semua orang pasti menyukai musik. Tapi apakah mereka semua tahu apakah hakikat musik itu? Bagaimana musik itu diciptakan? Nah, belum tentu semua orang yang menyukai musik itu tahu apakah musik sebenarnya lho. Maka dari itu, mari kita simak penjabaran sedikit yang saya ambil dari beberapa refrensi berikut ya.

Sumber Gambar: http://www.brautbox.de/local/albums/article1082/musik-liegt-in-der-luft_hpv.jpg




Musik itu lagu, musik itu irama, musik itu bunyi-bunyian, atau musik itu sesuatu yang bertempo. Yap semua itu benar. Wikipedia menyebutkan bahwa musik adalah suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan bunyi-bunyian. Tapi ada seseorang ilmuan musik yang beranggapan bahwa alam semesta ini adalah wujud dari musik sesungguhnya. Dimana semua objek di alam semesta bahkan jagat raya bergerak menurut jalurnya masing-masing yang teratur, harmonis, seakan berirama dan mempunyai masing-masing temponya. sungguh indah bukan pemikiran ini?

Dalam bermusik, kegiatan yang dilakukan adalah menciptakan, menggubah, mengubah, mengaransemen, mendengarkan, dan mengapresiasi. Menciptakan merupakan proses yang dilakukan seorang tau lebih sebuah karya baru yang belum ada sebelumnya. Menggubah merupakan proses mencocok, menyusun, mengatur sebuah karya. Mengubah merupakan proses mengatur ulang sebuah karya sehingga menghasilkan karya yang berbeda dari yang sebelumnya. Mengaransemen merupakan proses menyesuaikan komposisi dengan sumber yang tersedia namun tidak mengubah esensinya. Mendengarkan merupakan proses menangkap suara atau bunyi dengan bantuan idera pendengaran. Sedangkan mengapresiasi merupakan cara seseorang menyadari, menilai dan menyikapi sebuah karya. Definisi-definisi ini kita asumsikan dalam koridor musik tentunya.

Dalam prosesnya, musik umumnya diciptakan oleh seseorang yang disebut dengan musisi. seorang musisi akan mencari inspirasi dahulu atau bahkan secara spontan menciptakan sebuah lagu. Setelah itu, seorang atau beberapa musisi tersebut akan mempertunjukkan hasil karyanya tersebut kepada khalayak umum secara langsung (live) atau secara tidak langsung dengan cara merekam (recording) dengan wujud suara atau suara disertai gambar (video clip).

Lagu sendiri memiliki berbagai macam genre atau aliran yang memiliki berbagai macam aliran. Dari yang paling melegenda seperti musik klasik, orchestra, jazz, blues, rock, dll. Hingga pengembangannya seiring perkembangan jaman sehingga menciptakan aliran-aliran baru sebagai penggabungan (fusion) antara 2 aliran atau lebih atau bahkan aliran yang benar-benar baru, seperti campur sari, slow rock, fusion jazz, dll.

Masalah aliran musik adalah masalah selera. Tidak ada aliran musik terbaik atau terburuk. Latar belakang dan berbagai faktor mempengaruhi si pendengar untuk memilih dan memfavoritkan suatu aliran musik. Jadi tidak pantaslah jika kita meng-judge salah satu aliran musik yang kurang nyaman di telinga kita atau yang kurang se-selera dengan kita. Musik menurut saya adalah hiburan hati. Maka biarlah hati yang memilihnya. Selamat mendengarkan musik teman-teman.. Na na nana na...
Advertisement
Disqus Comments