9 Mar 2013

Bisnis Jualan On-Line. Bisnis yang Menjanjikan atau Ladang Penipuan?

 Sumber Gambar: http://startupbisnis.com/wp-content/uploads/2012/05/online-swapping.jpg

Setiap pebisnis pasti selalu mencari cara dan inovasi, bagaimana usaha mereka tampak berbeda. Sudah barang pasti bagi para pengusaha untuk memikirkannya karena persaingan dalam dunia usaha sangatlah ketat sekali. Dan dewasa ini seiring dengan kemajuan teknologi informasi, telah marak metode bisnis dengan cara On-Line. Maksudnya? Dengan menggunakan sarana internetlah para pebisnis "modern" dapat memasarkan, mempromokan, atau bahkan bertransaksi. Biasanya bisnis model seperti ini adalah alternatif bagi pebisnis yang tidak mempunyai "lapak" atau lokasi untuk usahanya. Hanya dengan bermodal sarana komputer atau laptop, akses internet saja usaha ini dapat dengan mudah dikerjakan.
Pengusaha-pengusaha On-Line ini memanfaatkan segala teknik dan segala cara yang dapat dilakukan di internet. Jika mereka pengusaha kecil-kecilan, mereka dapat memanfaatkan media sosial seperti Facebook dan Twitter. Dua jejaring sosial ini sekarang jadi favorit mereka karena menguasai lingkup remaja tidak hanya di dunia saja, namun dunia. Dengan memposkan kata-kata promosi atau dengan gambar menarik atas produknya, adalah cara instan yang sering mereka lakukan, lebih-lebih dengan cara ini mereka tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun karena layanan apapun di media sosial tersebut adalah gratis. Dengan mudah dan praktis para pengguna dapat mengakses segala informasi mengenai produk, hingga mengkontak untuk pemesanan misalnya. Jadi menggunakan media jejaring sosial ini lumayan efektif untuk dimanfaatkan sebagai sarana bisnis On-Line.

Kemudian untuk yang memerlukan tempat yang lebih luwes, pengusaha On-Line memanfaatkan media blog seperti Blogger, Wordpress, Multiply, dll. Di blog, mereka dapat bebas mempromokan produk-produk mereka baik melalui gambar atau bahkan video layaknya website pribadi. Di blog pun mereka dapat melakukan kegiatan berbisnisnya tersebut dengan mudah dan efisien karena tidak berbayar. Namun blog tidak sefleksibel media sosial dalam hal komunikasi. Namun jangan khawatir, karena ada website-website khusus penyedia layanan khusus untuk para pembeli dan penjual. Seperti Kaskus, TokoBagus, Berniaga, dll. website tersebut disediakan dan didesain khusus untuk mempermudahkan penjual dan pembeli melakukan transaksi.
Sumber Gambar: http://4.bp.blogspot.com/-rYmNlCVTIzo/T8iGSDTgFuI/AAAAAAAAASc/2IpCXS-huO0/s1600/BISNISONLINE.jpg

Dengan segala kemudahannya, website-website di internet menyediakan sarana, layanan-layanan mereka untuk para pengusaha. Namun, jangan lengah untuk tetap waspada. Karena kejahatan tidak berlaku hanya di dunia nyata. di dunia maya pun kejahatan seperti pencurian, penipuan, dan penggelapan sekalipun dapat terjadi. Banyak kasus yang menunjukkan bahwa orang-orang (penjahat internet) ini sangatlah berbahaya dan dapat membuat rugi usaha kita. Misal saja kasus penipuan di forum jual beli perlengkapan kamera berikut ini yang saya kutip dari http://cybernovz-stmik.blogspot.com
Kasus ini di ambil dari postingan F David Talalo, di Forum fotografer.net  
   Baru baru ini saya tergiur dengan iklan penawaran kamera digital SLR disitus tokobagus.com disitu ditawarkan oleh seorang pengiklan bernama charles zhang yg berdomisili di medan, kamera Nikon D200 body only hanya seharga 2,8jt. pengiklan menyertakan alamat lengkap beserta nama toko - Miracle Komputer di Shopping Centre YUKI Suka Ramai Lt.2 no.29 dan nomor telepon 061-76503903.

   Bodohnya, saya terlanjur mentransfer uang sejumlah 2,8jt ke rekening milik bpk.Syukran. baru kemudian setelah itu konfirmasi dari pihak mall di medan menyatakan bahwa toko itu sudah tutup. barang tidak sampai, nota pembelian pun tidak difax.
   Saya hanya menginformasikan hati-hati terhadap situs tokobagus ini karena banyak harga2 miring disana. beberapa waktu lalu juga sempat ada yang posting disini mengenai iklan dari tokobagus tsb yang menjual Canon 1D mark III hanya 5,34jt rupiah. penjual Anugrah Digital berdomisili di bandung. semoga rekan-rekan tidak ada yang terpancing.

 
Memang sangatlah merugikan dengan kita tertipu seperti kasus di atas. Namun jangan takut, dengan ketelitian, kehati-hatian, dan pengalaman, segala kesempatan untuk kita ditipu oleh orang-orang cybercrime dapatlah diminalisir. dan jangan takut untuk melaporkan segala bentuk kejahatan karena negara kita melindungi melalui UU-ITE. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya? Bisnis internet dapat saja menjanjikan, namun harus ada modal, yaitu modal kemauan dan modal materi. Dan jika kita tidak mencukupi untuk memenuhi modal materi yaa cukup dengan modal kemauan dan telaten saya rasa sudah cukup untuk menjalankan bisnis dunia maya ini. Selamat berbisnis!
Advertisement
Disqus Comments