15 Mar 2018

Mekanisme USBN Tahun 2018


Seperti yang kita ketahui, USBN pada tingkat SD di 2018 akan mengujikan 3 mapel. Sedangkan USBN SMP, SMA dan SMK akan mengujikan seluruh mata pelajaran. Mendikbud Muhadjir Effendy menyampaikan bahwa sebagian besar soal akan disusun sendiri oleh guru mata pelajaran pada tingkat satuan pendidikan. Kemudian akan dikonsolidasikan dengan Kelompok Kerja Guru (KKG) tingkat Kabupaten/Kota.

Sedangkan kepala Balitbang Kemendikbud Totok Suprayitno menambahkan, khusus untuk soal ujian pelajaran SD lainnya, seperti Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Kewarganegaraan, Seni Budaya dan Keterampilan, serta Penjaskes dan Olah raga, seluruhnya akan disiapkan pihak sekolah masing-masing.


Kini pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) tengah menyiapkan aplikasi USBN PUSPENDIK, Ujian Sekolah Berstandar Nasional Pusat Penilaian Pendidikan. Aplikasi USBN PUSPENDIK dapat diakses melalui halaman https://usbn.puspendik.kemdikbud.go.id/Dalam hal ini, kemdikbud menetapkan beberapa pengelola akun USBN. Mekanisme Penggunaan Akun USBN terdiri dari:
  1. USBN - Admin Provinsi
  2. USBN - Admin Kab/Kota
  3. USBN - Admin Satuan Pendidikan
Masing-masing pengguna akun USBN di atas mempunyai tugas dan kewenangan yang berbeda-beda sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya. Download dan simak User Manual Ujian Sekolah Berstandar Nasional Pusat Penilaian Pendidikan berikut:
  1. Mekanisme Akses Soal Pusat USBN (Download)
  2. USBN - Admin Provinsi (Download)
  3. USBN - Admin Kab/Kota (Download)
  4. USBN - Admin Satuan Pendidikan (Download)
  5. Video alur USBN untuk Akun Satuan Pendidikan (Download)
  6. Sosialisasi Pelaksanaan USBN (Download)

Source: (Picture Credit to: https://infonawacita.com/yang-perlu-anda-tahu-tentang-ujian-sekolah-berstandar-nasional-usbn/)
https://usbn.puspendik.kemdikbud.go.id/
Advertisement
Disqus Comments